Blog

Diving Aman dan Menyenangkan di Pulau Tidung

Posted by:

Berlibur di Pulau Tidung tentu saja tidak lepas dari kegiatansnorkeling dan diving. Snorkeling cocok bagi mereka yang ingin melihat keindahan alam bawah laut pulau tidung dengan kedalaman dangkal sedangkan, diving akan memberikan pemandangan lebih indah, detail dan nyata di pedalaman.Tentu saja dari deskripsi di atas, kegiatan snorkeling jauh lebih mudah karena hanya di permukaan air saja dan tidak dalam. Sehingga untuk melakukan kegiatan snorkeling tidak dibutuhkan skill atau sertifikat khusus. Berbeda degan diving, ada berbagai syarat yang harus dilakukan dan juga sertitifikat resmi yang harus didapatkan.

Bagi yang sudah memiliki sertifikat resmi, kamu bisa melakukan diving di Pulau Tidung dengan bebas sedangkan yang belum, tentu saja tidak aman untuk melakukan diving di Pulau tidung karena selain kamu tidak memiliki ijin sertifikat kamu juga pastinya belum melalui serangkaian ujian yang membuktikan skill penyelamannmu, jangan – jangan bukannya diving dan melihat banyak pemandangan laut yang menyenangkan hati, nantinya kamu justru malah menyusahkan orang lain.

Untuk dapat melakukan diving aman dan menyenangkan di Pulau Tidung pastikan jangan lupa untuk mempunyai sertifikat penyelaman resmi ya. untuk mendapatkan sertifikat tersebut, mudah kok, ada banyak lembaga yang menyediakan ini dijakarta. Kira – kira seperti di bawah ini alurnya :

Pertama – tama, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya :

  • Minimum usia peserta adalah 10 tahun
  • Setiap peserta yang belum mencapai 15 tahun, akan diberikan sertifikat penyelam junior. Sertifikat ini nantinya akan dapat diupgrade ketika peserta sudah berusia 15 tahun atau lebih.
  • Sehat secara jasmani dan rohani
  • Tidak ada kondisi medis khusus yang berbahaya
  • Bisa berenang 200 meter dengan lancar dan tanpa menggunakan alat bantu atau bisa berenang dengan jarak 300 m dengan alat bantu semisal masker
  • Dapat mengapung paling tidak selama 10 menit ( harus dengan ijin orang tua/wali)

Setelah kamu bisa semua itu, masih ada tahapan lain yag harus dilakukan sebelum kamu bisa melakukan diving di Pulau Tidung.

Tahapan – tahapan itu adalah tahapan teori, tahapan pelatihan kolam renang dan tahapan praktek di laut.

Tahapan Teori, pada tahap teori semua hal mengenail apa saja yang mungkin terjadi di laut seperti tekanan udara, lalu menggunakan peralatan menyelam dengan baik, menghemat oksigen dan bagaimana menghadapai masalah selama penyelaman.

Pelatihan di Kolam Renang, setelah tahapan teori sukses yang ditandai dengan tes mengenai materi yang diajarkan selama teori, setelah itu kita akan beranjak pada pelatihan di kolam renang. Pelatihan ini bertujuan agar para peserta bisa benar – benar menggunakan alat diving dengan baik dan juga sebagai pemanasan sebelum berada di laut.

Pelatihan dan ujian di laut, disini merupakan tahap terakhir yang akan menentukan apakah seseorang layak mendapatkan sertifikat penyelaman atau tidak. Biasanya praktik ini dilakukan 2 – 3 kali dan juga ada sela – sela waktu untuk belajar sebelum evaluasi dilakukan.

Tantangan yang akan dihadapi pertama kali saat meluncur diving di laut tentu saja mengenai arus yang lebih kencang dan ombak yang lumayan besar. Biasanya, para penyelam pemula akan mengambil praktik dan ujian divingnya pada pulau sepa dan bukannya pulau tidung.

Setelah sudah bisa melakukan semua ini, lalu para peserta bisa mendapatkan setifikat berenang resmi dari PADI dan kalau sudah resmi maka kamu bisa mulai melakukan diving di Pulau Tidung dengan aman dan menyenangkan.

Ada beberada peralatan diving yang kamu perlukan jika ingin menyelam di Pulau Tidung, jika kamu sendiri pastikan semua alat ini ada ya.

  • Wet suit atau baju menyelam
  • Snorkel dan masker
  • BC atau Bouyancy Compensator
  • Tabung Oksigen
  • Kaki katak
  • Sepatu menyelam
  • Sabuk pemberat
  • Tekanan
  • Kompiter menyelam
  • Sumber udaara cadangan
  • Rugulator
  • Meteran untuk mengukur tingkat kedalaman dan oksigen

Dikarenakan kamu sekarang sudah memiliki sertifikat menyelam resmi diharapkan semua alat menyelam tersebut bisa disiapkan sendiri ya.

Jika semua persiapan dasar sudah siap, kini saatnya menengok spot diving di Pulau Tidung. Spot diving ini umumny harus dijangkau menggunakan kapal karena letaknya lumayan dan tidak bisa dilakukan di dekat pantai, spot indah dekat pantai umunya digunakan untuk waterpost dan snorkeling.

Oiya selama diving perhatikan bahwa kamu selalu dekat dengan rombongan dan jangan memisahkan diri ya, karean meskipun alam bawah Pulau Tidung sangat indah dan tuntu saja melakukan diving disana sangat menyenangkan. Akan tetapi, bawah laut – tetaplah bawah laut, kita tidak bisa memprediksi apa yang terjadi, jadi sebaiknya tetap berdekatand dengan rombongan ya. Apabila kamu mengikuti tahapan diatas mulau dari persayaratan mendapatkan sertifikat diving, pasti kamu bisa melakukan diving di Pulau Tidung dengan aman sekaligus menyenangkan.

Related Posts:

 

0

About the Author:

  Related Posts
  • No related posts found.

Add a Comment


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.