Blog

Piknik di Pulau Tidung

Posted by:

Dijaman yang katanya hits ini banyak sekali terlihat dari kalangan remaja yang gemar dengan jalan-jalan atau hang out entah itu dengan teman, sahabat, keluarga ataupun pacar. Ada dari mereka yang suka dengan gemerlapnya malam, sebagian lagi suka dengan belanja macam-macam atau hanya sekedar nongkrong di mall, dan sebagian yang lainnya lebih suka menikmati indahnya alam, karunia tuhan yang tak tergantikan. Tak mau kalah dengan anak jaman now,  mereka yang sudah ber umur atau yang biasa disebut dengan anak zaman old pun masih suka berjalan-jalan santai menikmati pemandangan. Namun, kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk pergi kepantai, pulau, puncak, dan spot-spot lainnya dari pada pergi ke tempat-tempat yang bising.Untuk dapat memperbarui ide-ide dipikiran mereka, menghilangkan kesumpekan, rasa stres yang diderita akibat kerja yang berlarut-larut. Atau hanya sekedar menenangkan diri sebelum beraktivitas padat di keesokan harinya.

Pulau tidung, untuk kalian para penikmat alam pasti sudah tak asing lagi mendengar tempat wisata yang satu ini bukan?   Pulau  yang sekarang ini sedang gencar-gencarnya dijadikan destinasi tempat jalan-jalan  santai atau sekedar menikmati pemandangan untuk berselfi-selfi ria oleh  para wisatawan baik dari dalam negeri maupun mereka yang datang dari berbagai macam negara dengan berbagai kalangan ini memiliki banyak sekali tempat yang bisa untuk dinikmati.

Namun dibalik keindahannya taukah kalian bagaimana pulau cantik itu dapat diberi nama dengan nama Pulau Tidung? Berikut ini kita akan mengupas dengan tuntas mengenai Pulau Tidung. Mulai dari sejarah, kegiatan apa saja yang dapat dilakukan, dan apa saja yang harus dibawa saat berkunjung kesalah satu pulau yang bertempat di kepulauan seribu ini. Agar dapat lebih memahami dan mengerti mengenai Pulau Tidung.

A. Sejarah Pulau Tidung

Ada kejadian seperti apa sehingga pulau yang bertempat di kepulauan seribu ini diberi nama Pulau Tidung? Telah dipercayai selama bertahun-tahun asal usul nama Pulau Tidung adalah karena kejadian yang menimpa raja suku tidung pada zaman penjajahan Belanda.Nama Tidung merupakan nama dari salah satu suku  Kalimantan Timur, dimulai  pada saat penjajahan Belanda terhadap Indonesia. Pada saat itu pulau tidung merupakan salah satu tempat yang dijadikan pemerintah kolonial Belanda sebagai tempat pengasingan bagi orang Indonesia yang dianggap telah memberontak.

Pada abad ke-19 pemerintah Belanda mengasingkan beberapa penduduk dari Kalimantan. Yang salah satunya merupakan Raja Pandita, raja dari salah satu suku di Kalimantan yang bernama suku Tidung. Yaitu salah satu suku yang pernah memiliki kerajaan yang berakhir karena adanya politik adu domba yang disebabkan oleh koloni Belanda.

Kisah itu pun tertutup hingga satu abad lebih sampai pada tahun keemasan pulau Tidung. Yaitu  tahun 2011 pulau ini menjadi  salah satu wisata di Jakarta yang sangat ramai dikunjungi karena memiliki keindahan-keindahan yang dapat menarik hati para wisatawan.

Akhirnya terungkaplah kisah dibalik nama Tidung, ditambah lagi dengan ditemukannya makam dari Radja Pandita raja dari suku Tidung tersebut. Dengan ini, Kini publik sudah dapat mengetahui asal-usul penamaan pulau Tidung.

B. Kegiatan yang Bisa Kita Lakukan di Pulau Tidung

Pulau Tidung tak hanya dapat dijadikan objek untuk  dapat berfoto-foto dan memuaskan mata saja. Namun, Ada berbagai kegiatan yang dapat kita lakukan di pulau Tidung agar dapat merasakan kepuasan yang lebih saat berwisata ke tempat ini. Seperti:

  • Berkeliling pulau dengan menggunakan sepeda,

Anda bisa menyaksikan keindahan-keindahan pulau Tidung dan kegiatan-kegiatan masyarakat sekitar  dalam kehidupannya sehari-hari. Dengan berkeliling menggunakan sepeda.

  • Bersnorkeling

Untuk anda yang suka menyelam, snorkling adalah salah satu kegiatan yang dapat diakukan saat berkunjung ke pulau Tidung, waktu yang paling baik untuk bersnorkling disini adalah ketika pagi hari karena anda akan dimanjakan oleh begitu banyaknya  ikan-ikan yang ikut berenang bersama anda.

  • Menikmati wisata Water Sport

Ditempat ini juga telah di lengkapi dengan wisata water sport nya seperti Banana Boat, Kano, Donut Boat, dan juga Jets ki. Ini yang biasanya akan membuat para wisatawan tidak mau keluar dari air saat berada di pulau Tidung.

  • Melompat dari Jembatan Cinta

Jembatan cinta yang dipenuhi dengan berbagai macam mitos tentang jodoh pun tak luput dari kegiatan wisatawan, banyak dari mereka yang awalnya takut untuk melompat dari jembatan yang menghubungkan antara pulau Tidung besar dengan pulau Tidung kecil ini hingga akhirnya ketagihan.

  • Berburu sunset

Untuk para pecinta sunset tempat ini sangatlah rekomended karena pulau Tidung adalah salah satu pulau di kepulauan seribu yang memiliki sunset indah dan eksotis.

  • Pesta Barbeque, dan lain sebagainya.

Untuk kalian yang mau bikin kejutan atau yang mau mengadakan acara santai tapi menyenagkan kalian bisa datang ke pulau tidung dan menikmati berbagai macam olahan Seafood. Ditambah lagi anda bisa memesan organ tunggal untuk meramaikan acara anda.

C. Perbekalan Apa Saja yang Harus Dibawa

Untuk melakukan piknik ke pulau tidung kita harus menyiapkan beberapa perbekalan, agar setelah sampai di tempatnya kita tidak susah mencari ini dan itu yang akan mengurangi waktu kita dalam menikmati pulau tidung. Karena biasanya harganyapun akan terasa lebih mahal. Berikut adalah beberapa perbekalan untuk berwisata ke pulau Tidung;

  • Pakaian berbahan lembut yang nyaman untuk dipakai

Pilihlah baju-baju yang dapat membuat anda nyaman karena pulau yang satu ini memiliki cuaca yang lebih lembab dan panas.

  • Peralatan untuk berenang

Anda bisa menyiapkan alat-alat berenang agar anda bisa menjelajahi seluruh permainan air disini.

  • Sun block

Untuk melindungi kulit cantik anda, anda dapat menyiapkan sunblock yang biasa anda pakai agar kulit anda terhindar dari  terik panasnya matahari.

  • Obat-obatan dasar dan obat-obatan pribadi

Ini hanya untuk antisisipasi sesuatu yang tidak kita inginkan.

  • Sunglasses dan topi

Keduanya akan melindungi anda dari sengatan sinar matahari agar kita bisa lebih nyaman menikmati seluruh isi pulau.

  • Peralatan dokumentasi

Untuk anda yang suka mengabadikan momen bisa siapkan hanphone atau alat lainnya untuk mendokumentasikan kegiatan anda.

  • Uang cash

Bawalah uang tunai secukupnya, karena anda pasti akan sulit menemukan ATM disana.

Itu adalah beberapa barang yang bisa anda bawa agar anda bisa menikmati pemandangan seluruhnya di pulau Tidung.

  • Lotion anti nyamuk

Anda perlu menyiapkan lotion anti nyamuk agar terlindung dari hewan-hewan yang mengganggu.

  • Charger atau power bank HP

Untuk mengantisipasi terjadinya HP lowbat,

  • Sandal jepit

Untuk anda yang mau berkeliling pulau dengan jalan-jalan santai.

Pulau ini sangat dapat dijadikan salah satu pilihan untuk anda berlibur, piknik di pulau Tidung atau sekedar ber jalan-jalan santai dengan pasangan, keluarga, saudara, teman ataupun sahabat, dan pengadaan sebuah acara.

0

About the Author:

  Related Posts
  • No related posts found.

Add a Comment


*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.